Ini yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone
Connect with us

Gadget

Ini yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone

Terbit

:

LG G6
Ilustrasi

jurnalsumut.com – Nama besar tidak selalu bisa memberikan jaminan mutu walaupun sebagian besar kualitas yang diberikan berada di atas rata-rata. Itulah yang kadang-kadang terjadi ketika kita memilih dan membeli smartphone.

Contoh paling mutakhir adalah Samsung Galaxy S7 yang dianggap sebagai sebuah kegagalan karena smartphone tersebut belakangan seringkali terbakar atau meledak. Membuat semua pemilik Galaxy S7 khawatir. Dan bahkan, Samsung sendiri sudah mewanti-wanti semua pembeli untuk segera menukarkan smartphone Galaxy S7 mereka.

Tentu saja, selain pengalaman di atas, masih ada banyak pengalaman lainnya yang membuat banyak orang menyesal setelah membeli smartphone. Agar berbagai penyesalan tersebut tidak terjadi pada Anda, berikut adalah panduan membeli smartphone yang sebaiknya Anda jadikan sebagai referensi.

Jangan buru-buru beli smartphone sesaat setelah smartphone tersebut dirilis

Bersabarlah sejenak untuk menunggu berbagai review dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu membeli. Biasanya, pengalaman menggunakan smartphone baru akan diunggah di berbagai media termasuk di situs-situs berita dan blog.

Dari pengalaman mereka, Anda bisa menilai apakah smartphone tersebut layak dibeli atau tidak. Karena seringkali, beberapa orang kadang-kadang menemukan berbagai jenis masalah hanya dalam hitungan hari atau minggu.

Beberapa masalah smartphone baru yang sering muncul antara lain; layar atau display bermasalah, bootloop, lag, maupun masalah pada software atau sistem operasi, dan lain-lain.

Lihat review nya terlebih dahulu

Saat ini, ketika sebuah smartphone baru diluncurkan, biasanya akan muncul beberapa review, baik itu di website maupun di YouTube. Pilihlah salah satu atau beberapa review yang benar-benar bisa dipercaya untuk melihat secara keseluruhan smartphone tersebut.

Ketika membaca dan melihat review smartphone, pastikan Anda tidak hanya tertarik dengan desain smartphone tersebut melainkan juga harus dilihat fitur dan teknologi yang di bawahnya.

Meskipun ada beberapa smartphone yang keluar pada tahun 2016 dan 2017, namun tidak sedikit dari smartphone tersebut yang justru tidak menyertakan lampu LED untuk notifikasi, tidak menyediakan sensor sidik jari sebagai pengaman, menggunakan baterai yang kecil, tidak menyediakan quick charging untuk baterai yang besar, dan lain-lain.

Beberapa fitur tersebut walaupun terdengar sepele namun sangat berpengaruh terhadap penggunaan sehari-hari.

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan

Saat Anda dibenturkan dengan berbagai pilihan smartphone yang memiliki harga kurang lebih sama, Anda perlu membandingkan beberapa hal berikut ini:

  • Durability dan built in quality
  • Jenis casing yang digunakan
  • Perbandingan hardware termasuk RAM
  • Sistem operasi (Yang terbaik tentu saja adalah yang terbaru)
  • Layanan purna jual
  • Kualitas kamera depan maupun belakang
  • Daya tahan baterai
  • Kualitas suara jika Anda sering menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik
  • Kualitas layar termasuk resolusi layar.

Itulah beberapa panduan yang sebaiknya Anda ingat jika berencana untuk membeli smartphone dalam waktu dekat. (js/jba)

Berikan Komentar
Continue Reading
Click to comment

Berikan Komentar

BANYAK DIBACA